Selasa, 20 Maret 2012

merpati putih




Ilmu Beladiri Merpati Putih, Warisan Budaya Indonesia
Kebudayaan sebagai hasil budi daya suatu bangsa merupakan modal yang sangat besar bagi perkembangan dan perjalanan bangsa tersebut, dan ini sangat berpengaruh terhadap sikap, watak, mental perilaku dari bangsa itu sendiri.
PPS BETAKO Merpati Putih, adalah salah satu warisan ilmu beladiri hasil karya nenek moyang yang merupakan kebudayaan asli bangsa indonesi, menempa kepribadian anggota-anggotanya agar berwatak dan berkepribadian kuat, harmonis, dinamis serta patriotis sesuai dengan filosofi Bangsa Indonesia, Pancasila.
Pada hakekatnya, arah perjalanan sejarah suatau bangsa, ditentukan oleh kualitas pribadi para pelakunya. Dengan kepribadian dan watak yang kuat, dinamis, harmonis serta patriotis tersebut akan membawa sejarah yang diterimanya kearah pembentukan bangsa yang besar dan kuat. Sebaliknya bila para pelaku tersebut mempunyai watak dan pribadi yang lemah, maka bangsa tersebut akan mundur dan tenggelam dibawah pengaruh yang kuat.
Watak dan pribadi yang kuat lahir melalui suatu proses pembentukan diri yang panjang, berat serta penuh tantangan dan ujian baik fisik, mental, pikiran, spiritual, jasmani maupun rohani.
Ilmu beladiri Pencak Silat sebagai salah satu unsur budaya bangsa dengan berbagai aspeknya merupakan pusaka bangsa Indonesia serta kekayaan Nasional yang selalu harus dimengerti, dipikirkan, serta dikembangkan agar tidak punah dilanda kemajuan zaman. Sehingga dengan demikian pencak silat dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri sejajar dengan ilmu beladiri yang lain baik yang asli maupun yang datang dari luar.
Sebagai organisasi beladiri, sudah barang tentu Merpati Putih pengutamaan kegiatannya diarahkan pada peningkatan kemampuan daya tahan fisik dari para anggotanya. Namun demikian, organisasi pun menyadari pentingnya penggarapan segi jiwa disamping segi raga hingga dengan demikian sudah sewajarnyalah bahwa pembentukan dan pengembangan kepribadian dijadikan tujuan yang tidak kalah penting dan utamanya. Disadari bahwa raga manusia, sekuat dan sesehat apa pun kondisinya, tidaklah akan dapat terwujud dalam suatu eksistensi manusiawi yang utuh seandainya tidak distrukturi dan diisi dengan suatu kepribadian yang berkualitas tinggi. Bahkan ada kemungkinan fisik yang menyimpan potensi kekuatan besar itu akan digerakakan tanpa kontrol yang adekuat dari hati nurani, begitu rupa hingga merugikan diri dan lingkungannya sendiri.
Sehubungan dengan usaha pembentukan dan pengembangan kepribadian dari para pemuda anggota Merpati Putih, perlu dirumuskan lebih dulu suatu bentuk dan kualitas kepribadian yang dicita-citakan, sebagai patokan dari pengembangan selanjutnya yang diinginkan, adalah bentuk dan kualitas manusia Indonesia seutuhnya yang merupakan manusia pembangunan yang ber-Pancasila. Seorang manusia Indonesia yang selain sehat jasmani juga berwatak luhur karena memiliki kepribadian yang harmonis – dinamis – patriotis.Kepribadian yang harmonis ditandai dengan adanya keseimbangan, keserasian dan keselarasan dalam:
1. Kehidupan intraphisis individual;
2. Kehidupan interpersonal antara individu dengan individu lain;
3. Kehidupan individu dengan lingkungan alam sekitarnya;
4. Kehidupan individu dengan Tuhannya.
Harmoni dapat melandasi suatu integritas yang kuat dari suatu kepribadian dan dengan demikian harmoni dapat dijadikan andalan dalam menghadapi pikiran nilai baik dan buruk.
Kepribadian yang dinamis ditandai oleh hidupnya kreativitas, semangat dan keuletan yang memungkinkan seorang individu berjuang mengatasi keadaan statis yang mungkin timbul sebagai akibat sampingan dari kehidupan kepribadian yang sangat harmonis dan mapan. Sikap dinamis yang memberi peluang bagi masyarakat Pancasila untuk berperan serta sebesar-besarnya dan seluas-luasnya dan Pembangunan Bangsa.
Kepribadian yang patriotis ditandai oleh sikap yang menunjukan kecintaan dan kebanggaan terhadap unsur sosial, budaya yang bersifat nasional, kerelaan berkorban untuk Nusa dan Bangsa dan kesediaan mendahulukan kepentingan Bangsa dan Negara diatas kepentingan lainnya. Nilai-nilai yang patriotis dapat berfungsi memadu semangat dan kreativitas yang menyala sehingga sifat yang dinamis yang dimiliki individu tidak terbuang dan tersebar secara percuma.
Anda berminat ?  silahkan hubungi Cabang dan Kolat merpati Putih untuk Wilayah Cikarang dan Bekasi di Jl. Emprit Mas B.45 Masnaga Jakasetya Bekasi 17147 Jawa Barat dan  Jl. Karnasia Raya A5 No. 23 Taman Karnasia Cikarang Pusat-Bekasi 17550


Tidak ada komentar:

Posting Komentar