Rabu, 21 Maret 2012

seni militer



,,Tips memilih seni bela diri militer''




Belajar dan berlatih ilmu bela diri adalah salah satu aktifitas terbaik untuk kesehatan tubuh yang juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan disiplin.  Jika anda memutuskan untuk mengikutsertakan anak anda dalam suatu ilmu bela diri, jangan langsung mendatangi sekolah karate terdekat dan mendaftar tanpa terlebih dahulu melakukan survey / penelitian.  Tidak semua ilmu bela diri itu sama dan tidak seluruh sekolah ilmu bela diri itu sama.

Diskusi mengenai jenis ilmu bela diri apa yang tepat bagi anak anda ... terlalu luas untuk dibahas di artikel ini.  Intinya, ada perbedaan pada setiap jenis ilmu bela diri sehingga ada ilmu bela diri yang cocok bagi satu individu namun belum tentu cocok pada individu lainnya.  Lakukan survey dan penelitian terlebih dahulu, dan jika memungkinkan datangi beberapa klub atau sekolah bela diri yang berbeda untuk melihat secara langsung.

Cara Mengajar Suatu Sekolah Bela Diri Lebih Penting Daripada Gaya Bela Diri Itu Sendiri





Yang lebih penting adalah bagaimana pendekatan sekolah bela diri dalam mengajar muridnya.  Banyak sekolah bela diri yang hanya mengajarkan teknik spesifik pada ilmu tradisional -- maksudnya, sekolah tersebut hanya mengikuti bagaimana pencipta bela diri tersebut awalnya mengembangkan ilmu tersebut dan terus seperti itu tanpa adanya banyak perubahan setiap tahunnya.  Sekolah lainnya ada yang suka meminjam (meniru) teknik dari berbagai ilmu bela diri lainnya, mengintegrasikan dan manggabungkannya pada program mereka.  Sekolah yang non-traditional ini lebih terbuka dan mengadopsi free-style system yang mengkombinasikan teknik tradisional juga modern.

Dengan bermunculannya berbagai ilmu bela diri campuran, beberapa diantaranya hanya benar-benar berfokus pada pertarungan tanpa adanya konten artistik dan spiritual.  Setiap sekolah akan menyatakan bahwa gaya dan metode mengajar mereka lebih baik dan superior dibanding yang lainnya. Janganlah terlalu serius menanggapi pengakuan mereka.  Pilihlah cara mengajar / pendekatan yang paling tepat bagi anda.

Perhatikan Cara Instrukturnya Mengajar Sebelum Mendaftar

Banyak sekolah bela diri yang menonjolkan latar belakang instrukturnya sebagai salah satu cara untuk menarik para calon murid. Sangat penting sekali untuk menyadari bahwa semakin tinggi tingkatan (dan) seorang bersabuk hitam tidak selalu berarti dia adalah instruktur yang lebih baik. Sama halnya dengan instruktur yang telah memenangi berbagai kompetisi. Tidak ada kaitan antara banyaknya championship title yang telah dimenangi seseorang dengan seberapa bagus dia sebagai instruktur.

Beberapa instruktur melakukan pendekatan yang sama dengan guru atau para suhu sebelumnya dimana disiplin diterapkan secara tegas seperti di militer. Meskipun disiplin merupakan salah satu hal positif yang dipelajari dari ilmu bela diri, beberapa teknik mengajar jaman dahulu, terutama mencerca dan membentak para muridnya secara vokal ataupun fisik apabila ada teknik yang salah, kadangkala dinilai terlalu keras bagi masyarakat modern sekarang.

Inilah kenapa sangat penting untuk mendatangi sekolah bela diri untuk melihat secara langsung cara dan teknik mengajar instrukturnya untuk menilai apakah cocok dengan yang anda harapkan. Berbincang dan bertanyalah pada instrukturnya setelah dia selesai melatih. Jika anda punya feeling dan merasa instrukturnya kurang cocok bagi anda / anak anda, lanjutkanlah ke sekolah bela diri berikutnya. Sebagian besar sekolah bela diri memperbolehkan calon muridnya untuk menonton atau malah mencoba ikut serta (tryout) satu sesi kelasnya sebelum bergabung.

Kompetisi Versus Non-kompetisi

Beberapa sekolah bela diri selalu ikut serta dalam kompetisi dan senantiasa mendorong muridnya untuk berpartisipasi dalam turnamen. Beberapa diantaranya malah menjadikan ini sebagai persyaratan untuk bisa naik ke tingkat berikutnya.

Tetapi ada juga sekolah bela diri yang berpandangan sebaliknya dimana mereka tidak menyukai kompetisi dan tidak berinteraksi dengan klub bela diri lainnya. Banyak klub bela diri kungfu cina yang tidak berkompetisi dan beberapa diantaranya seperti aikido tidak menawarkan kompetisi. Banyak juga sekolah bela diri yang bersifat netral dan menyerahkan kepada para muridnya untuk memutuskan apakah mereka ingin berpartisipasi pada turnamen atau tidak.

Sebelum mendaftarkan anak anda pada suatu sekolah bela diri, pertimbangkan terlebih dahulu bagaimana pandangan anda terhadap kompetisi / turnamen dan apakah anda ingin anak anda turut serta. Jika anda tidak menginginkan anak anda ikut berkompetisi, jangan sampai mereka terikat di sekolah bela diri yang mengharuskan keikutsertaan pada turnamen. Jika sebaliknya anda ingin mereka ikut turnamen, jangan sampai mendaftarkan mereka di sekolah bela diri yang tidak ikut serta di kompetisi / turnamen.

Ada banyak pilihan ilmu bela diri yang ditawarkan saat ini. Pastikan anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum bergabung dan terikat pada klub tertentu. Dan jika anda belum yakin bela diri akan menjadi aktifitas jangka panjang bagi anak anda, tanyakan dan daftarkan anak anda pada sekolah bela diri yang menyediakan kursus singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar